Pelatihan Komputer Kemendikbud

Belajar tak mengenal usia. itulah kesan yang saya temukan saat pertama kali bertemu dengan peserta Pelatihan Komputer dan Bahasa Inggris bagi pegawai yang berada di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebagai salah satu instansi di bawah Kemendikbud, Kantor Bahasa Provinsi NTT instansi tempat saya bekerja menugasi saya untuk mengikuti pelatihan komputer. Sebuah pengalaman baru ketika saya harus menyatu dalam kelas yang bervariasi usia. Bertemu senior dan teman seangkatan, lalu belajar bersama menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri, apalagi melihat antusiasme senior yang walaupun sedikit kesulitan memahami materi komputer, tapi tidak pernah mengenal kata menyerah. Belajar memang berlangsung sepanjang masa.

Kelas komputer awalnya kedengaran sedikit membosankan apalagi karena saya tidak terlalu buta komputer. Hampir setiap hari saya harus bersentuhan dengan komputer untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor, sehingga komputer dan program-program Microsoft Office bukan lagi sebuah benda asing bagi saya. Prediksi yang sedikit arogan memang. Namun saya yakin setiap orang selalu punya pandangan awal ketika mengikuti sebuah pelatihan, begitu pun saya.

Akan tetapi, prediksi saya tentang kelas komputer benar-benar meleset ketika saya melihat jadwal dan menemukan 'SPSS' tertera di sana. Ini akan menjadi kelas yang serius rupanya. Dan menjadi sebuah pengalaman seru lagi ketika saya menemukan hal-hal baru dari program Microsoft Office yang sehari-hari saya operasikan. Membuat alamat surat otomatis tanpa harus mengetik secara manual ketika alamat yang dituju banyak, menggunakan rumus-rumus excel yang sebelumnya hampir tidak pernah saya gunakan, dan yang paling membahagiakan adalah membuat website. Jangan pernah menganggap remeh sesuatu. Itu yang akhirnya saya pelajari lewat pelatihan ini karena selalu ada hal baru yang didapat ketika kita belajar.

Sampai hari ini ini saya tetap antusias. Bagi saya pelatihan ini akan sangat berarti ketika saya pulang dan mengaplikasikannya di lingkungan kerja saya. Harus ada perubahan yang saya buat, tidak saja untuk saya pribadi tapi juga untuk  instansi tempat saya bekerja. Dengan menguasai apliksi komputer, tugas-tugas kantor dapat diselesaikan secara efektif dan efisien. Materi yang sangat bermanfaat ditambah motivasi dari atmosfir kelas yang super tekun ditambah lagi staff pengajar yang berkompeten dan penuh kesabaran, saya yakin, saya dan semua peserta pelatihan pada akhirnya dapat menyelesaikan pelatihan ini dengan baik.

Tetap semangat dan nikmati proses yang harus dilewati karena setiap proses akan membawa kita pada suatu titik yang kelak akan kita syukuri..

    Salam



Komentar

Postingan populer dari blog ini

If "Hot Blooded Woman" was made into a Drama"

When God says 'Not Yet' (again)

Easter (7 words on the cross)